RSS

Berjilbab

14 Jun

Mendengar judul diatas tentu tidak asing lagi bagi kita sebagai seorang muslim. Jilbab memang sudah menjadi kebiasaan di masyarakat. Sungguh, hal itu merupakan kesyukuran bagi kita semua. Jilbab sudah dipakai oleh para perempuan pada zaman nabi sejak turunnya wahyu Allah SWT dalam QS. An Nur ayat 31. “Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita…”

Berjilbab sebenarnya tidak sebatas menaati perintah Allah SWT. Dibalik itu sesungguhnya banyak tersimpan hikmah yang dapat kita rasakan sebagai seorag muslimah. Salah satunya adalah agar wanita dapat mudah dikenal sebagai seorang muslimah yang biasa kita samakan dengan symbol. Seperti dalam firman Allah SWT “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. “ (Q.S Al-Ahzab: 59)

Di lingkungan SMA 1 Ponorogo, tema berjilbab sudah banyak dibicarakan. Ada berbagai pendapat tentang kewajiban berjilbab. Menurut salah seorang teman, jilbab merupakan wujud cinta kita. Cinta kepada Allah, agama dan khususnya diri sendiri. Jilbab merupakan benruk syukur kita terhadap nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Jilbab menjaga seorang muslimah untuk konsisten, taat dan tetap berada dalam jalan-Nya. Jilbab bukalah aksesoris berbusana, namun lebih dari itu, jilbab adalah pelindung. Jilbab bukanlah mengekang kebebasan, justru jilbab itulah kebebasan. Subhanallah. Jilbab juga merupakan lambang kongkret kecantikan perempuan. Cantik dalam hidup dan kesucian jiwanya. Cantik dalam menyempurnakan kenikmatan dalam kesyukuran. Cantik dalam kemuliaan yang jauh lebih cantik dari kecantikan fana. Sungguh, memang amat luar biasa sekali hikmah dari berjilab itu sendiri.

Sudah banyak pendapat-pendapat tentaang kewajibab berjilbab. Terutama dari para muslimah. Lalu sebenarnya, bagaimanakah pendapat dari para lelaki tantang perempuan berjilbab? Memang, bukan kaum lelaki yang memakai jilbab ini. Namun, mereka punya andil karena sesngguhnya salah satu alasan kewajiban berjilbab adalah untuk berlindung dari nafsu para lelaki ini.

Berikut pendapat daari beberapa teman tentang pandangannya terhadap perempuan berjilbab dan apa yang mereka rasakan apabila berhadapan dengan perempuan berjilbab.

  • Rosyd X-1 : Menurut saya orang berjilbab itu beda dari (maaf) tidak berjilbab, dan orang berjilbab itu juga mencerminkan seorang muslimah taat. Yang saya rasakan ketika berhadapan dengan wanita berjilbab yaitu rasa tenang.
  • Dani X-1 : Mungkin menurutku bila dipandang, wanita yang memakai jilbab akan lebih indah dan memberikan kedamaian juga kesejukan hati. Dan jika berhadapan langsung dengan yang berjilbab akan berhati-hati dalam segala hal karena yang di hadapannya bukan sembarang orang. 
  • Aidin XI IPA 5 : Bagus kalau wanita mau berjilbab soalnya mau memenuhi kewajiban sebagai muslimah. Selain itu, jilbab itu sendiri kan sebagai symbol kalo wanita itu mau menjaga dirinya untuk suaminya kelak. Tapi itu kan symbol aja. Jadi tetap harus diimbangi dengan tingkah laku yang baik. Terus, kalo berhadapan dengan wanita berjilbab ya biasa-biasa saja. Tinggal ngelihat kepribadiannya.. 
  • Irfan X-1 : Anak laki-laki jadi sungkan untuk menggoda, mengolok-olok dsb. 
  • Surya X-3 : Menurut saya wanita berjilbab itu adalah wanita yang ingat akan kehidupan akhirat. Mereka selalu berusaha menahan segala godaan untuk tidak menampakkan aurat. Bila berhadapan dengannya, saya merasa berdadapan dengan wanita yang mulia dan suci. Itulah sedikit ulasan tentang berjilbab yang ada di sekitar kita. Ambil hikmah bila ada, dan buang hal-hal buruknya.
 
Leave a comment

Posted by on 14 June 2012 in Miracle of ISLAM

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: