RSS

Halal Ataukah Haram???

11 Mar

Assalamu’alaikum warahmatuLLAHi wabarakatuh,..

ada banyak orang salah mengartikan ta’aruf dengan pacaran.

JANGAN SALAH MENGARTIKAN PACARAN DENGAN TAARUF. Banyak orang yang sebenarnya pacaran, tapi menyebutkanya dengan ta’aruf.

Taaruf adalah media syar`i yang dapat digunakan untuk melakukan pengenalan terhadap calon pasangan. Sisi yang dijadikan pengenalan tidak hanya terkait dengan data global, melainkan juga termasuk hal-hal kecil yang menurut masing-masing pihak cukup penting.

Selain urusan melihat pisik, taaruf juga harus menghasilkan data yang berkaitan dengan sikap, perilaku, pengalaman, cara kehidupan dan lain-lainnya. Hanya semua itu harus dilakukan dengan cara yang benar dan dalam koridor syari`ah Islam. Minimal harus ditemani orang lain baik dari keluarga calon istri atau dari calon suami. SEHINGGA TIDAK DIBENARKAN UNTUK PERGI JALAN-JALAN BERDUA, NONTON, BONCENGAN, KENCAN, NGEDATE DAN SETERUSNYA DENGAN MENGGUNAKAN ALASAN TA`ARUF. JANGANLAH TA`ARUF MENJADI PACARAN.

Ketika melakukan ta’aruf, seseorang baik pihak laki atau wanita berhak untuk bertanya yang mendetail, seperti tentang penyakit, kebiasaan buruk dan baik, sifat dan lainnya. Kedua belah pihak harus jujur dalam menyampaikannya. Karena bila tidak jujur, bisa berakibat fatal nantinya.

Dalam upaya ta’aruf dengan calon pasangan, pihak pria maupun wanita dipersilahkan menanyakan apa saja yang kira-kira terkait dengan kepentingan masing-masing nanti selama mengarungi kehidupan.

TAPI TENTU SAJA SEMUA ITU HARUS DILAKUKAN DENGAN ADAB DAN ETIKANYA. TIDAK BOLEH DILAKUKAN CUMA BERDUA saja. HARUS ADA YANG MENDAMPINGI dan yang utama adalah wali atau keluarganya.

Jadi ta`aruf bukanlah bermesraan berdua, TAPI LEBIH KEPADA PEMBICARAAN YANG BERSIFAT REALISTIS UNTUK MEMPERSIAPKAN SEBUAH PERJALANAN PANJANG BERDUA.

Nabi saw bersabda: “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah berduaan dengan seorang wanita di suatu tempat tanpa disertai mahramnya, karena sesungguhnya yang ketiganya adalah syaitan.” (Hadits riwayat Ahmad).

semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Nasrul XI A5

 
Leave a comment

Posted by on 11 March 2011 in Miracle of ISLAM

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: