RSS

Wow Ternyata Kita Sudah Remaja ♫♫♫

04 Feb

Usia 15-18 tahun, saat-saat SMA, saat-saat dimana gairah dan semangat sedang meletup-letup, saat-saat menancapkan mimpi yang luar biasa untuk mengubah dunia, saat-saat paling menetukan dalam hidup kita. Sahabat, bener banget sebenerya di usia kita sekarang ini lah yang akan sangat menentukan seperti apa kehidupan kita dimasa depan. Gimana kita menghadapi masalah, gimana kita memanage waktu, gimana kita mengemban tanggung jawab, gimana kita mengontrol emosi, semuanya adalah cerminan diri kita kala dewasa nanti. Maka adalah harus untuk menjadi remaja ideal yang akan menuntun kita pada masa depan yang menakjubkan.

Masa remaja dipenuhi dengan banyak problema dan godaan. Kita punya sepenuhnya hak untuk memilih mau jadi remaja seperti apa. Nih ada beberapa opsi yang bisa kita pilih:

  1. Remaja hedonis, yang tiap hari hura-hura, kerjaannya nongkrong, pacaran, jalan-jalan ke mall, dll. Bagi mereka masa remaja adalah masa untuk bersenang-senang. Emang enak banget jadi remaja seperti ini, istilahnya ‘nyantae jek’….. dan sebagian besar dari kita memilih opsi ini.
  2. Remaja yang biasa-biasa saja. Mereka ini adalah remaja-remaja yang sama sekali tidak memiliki keistimewaan, mereka terlalu takut untuk melakukan banyak hal, bagi mereka asal berangkat ke sekolah waktunya pulang langsung pulang kerumah, dapet nilai bagus, udah deh puas. Jalan lurus, itu prinsip mereka.
  3. Remaja mujahid, para remaja yang sadar bahwa masa remaja terlalu berharga untuk disia-siakan. Bagi mereka, terlalu sayang untuk hanya menjadi remaja yang biasa-biasa saja, apalagi menjadi remaja yang hanya bisa hura-hura. Tipe remaja ini adalah yang selalu memiliki mimpi dan semangat untuk ikut merubah dunia. Tidak hanya seorang siswa SMA, namun lebih dari itu mereka adalah generasi penerus pemimpin bangsa dan dunia.

Kita punya hak untuk menjadi remaja tipe yang mana, namun secara nyata tentu kita memilih tipe yang ketiga bukan. Saya akan membahas sedikit tentang tipe remaja ideal ini. Berikut adalah ciri-ciri remaja tipe ini:

  1. Kreative dan innovative, memiliki karakter ini adalah harus. Kita nggak boleh puas dengan hanya menjadi juara kelas misalnya. Harus selalu ada misi untuk melakukan pembaharuan dalam hidup kita. Harus creative, dikala remaja-remaja yang lain cukup puas dengan uang saku dari ortu, kita puya ide cemerlang untuk berwirausaha sejak SMA. Earn money since you were in the high school, seems preety cool. Dikala remaja-remaja yang lain cukup puas dengan mendapat angka 9 di raport mereka, kita nggak boleh puas dengan menjuarai olimpiade tingkat nasional. Intinya harus selalu ada hal baru dalam hidup ini.
  2. Rasionalis dan realistis. Jangan mau menjadi remaja yang terus terbawa arus, menjadi korban mode, dan korban projek-projek pihak kapitalis. Ada model jam tangan baru atau model celana baru, mati-matian nguras tabungan Cuma buat ngikutin mode. Sebenernya apa sih yang kita dapet? Paling pol hanya pujian dari temen-temen sesama ‘korban’. Sementara uang yang bisa kita pake buat hal-hal yang lebih produktif justru ludes karena budaya konsumtif yang terus berkembang dikalangan remaja.
  3. Menjadi pioneer dan trendsetter. Sebagai remaja, kita punya tenaga, waktu dan kesempatan emas untuk membuat bermacam gebrakan baru. Jangan hanya jadi remaja yang mengekor, tapi jadilah kepala yang menggerakkan kaum. Dalam hal positif tentunya.
  4. Berani dan Teguh akan pendirian. Jangan takut untuk dicemooh orang, selama apa yang kita lakukan benar tidak perlu takut. Dizaman sekarang ini, menjadi orang baik justru banyak dicemooh. Jangan kaget jika tiba-tiba kita denger umpatan-umpatan seperti ‘sok suci’ dan lainnya. Ngga apa-apa, nantinya kita akan tunjukkan siapa yang akan berhasil.
  5. Positive thinking dan pantang menyerah. Kegagalan demi kegagalan tentu saja akan kita hadapi dalam setiap perjuangan. Orang sukses bukanlah orang yang terus berhasil dalam hidupnya, tapi yang terus bangkit dari kegagalan hingga ia mencapai kesuksesan. Coba deh baca biografi tokoh-tokoh terkenal di dunia. Nggak ada satupun dari mereka yang sukses dengan tiba-tiba, butuh perjuangan, pahitnya kegagalan hingga akhirnya mengecap manisnya kesuksesan.
  6. Bersyukur dan menikmati hidup. Jangan selalu merasa tidak mampu dan lebih buruk dari yang lain. Syukuri segala yang ada, tidak perlu minder berkulit hitam, bertubuh pendek, dari keluarga pas-pasan atau yang lainnya. Syukuri apa yang udah Allah kasih buat kita, yakinlah bahwa itu adalah yang terbaik buat kita. Dan coba lihat orang-orang yang ngga seberuntung kita, mereka yang tinggal dijalanan, mereka yang (maaf) cacat, dll. Kita diberi tubuh yang lengkap dan sempurna, diberi kesempatan utuk masih bisa bersekolah, sudah sepantasnya kita bersyukur dan memanfaatkan segala yang udah dikasih buat kita dengan sebaik-baiknya. Cobalah sesekali menghirup segarnya udara dipagi hari dan renungkan berapa nikmat Allah yang kita rasakan. Jangan terus meratapi nasib, masa hanya gara-gara putus cinta mau bunuh diri, ngga banget kan? Hidup ini indah, maka nikmati saja. Segeralah bangkit dari keterpurukan dan kesedihan, karena hanya diri kita sendiri yang bisa membuat indah hidup kita.

Nah itu tadi ciri-ciri majalah yang ideal, gimana dong kalo ternyata kita belum masuk dalam criteria itu. Tentu aja kita harus terus berusaha untuk merubah diri kita, terus bermuhasabah dan mengevaluasi agar menjadi pribadi yang baik, agar menjadi remaja mujahid dan mujahidah yang menjadi tonggak majuya negri ini. Beberapa tips untuk membantu kita melakukan perubahan itu:

  1. Niat, Niatkan dari hati bahwa kita ingin berubah. Jangan tunda-tunda perubahan itu, jangan menundanya hingga esok hari. Mulailah perubahan saat ini juga, setelah baca tulisan ini.
  2. Segala hal butuh proses, tentu ngga mungkin kita tiba-tiba berubah 180 derajat jadi remaja ideal seperti yang kita inginkan. Perlu proses, lama atau singkatnya proses itu tergantung kesungguhan kita dalam menjalaninya.
  3. Tulis segala hal yang ingin kita lakukan hari ini, kantongi tulisan itu dan sering-seringlah melihatya. Misalnya hari ini> nggak boleh marah-marah sama siapapun, sholat ngga boleh bolong-bolong, kerja bakti, dll. Lalu lakukan evaluasi malam hari sebelum kita tidur.
  4. Be discipline, gunakan waktu sebaik-baiknya, jangan sampai ada waktu yang terbuang percuma untuk sekedar nonton TV, maen PS, dll. Dan jangan menunda-nunda pekerjaan hingga esok hari, lakukan segala hal yang bisa dilakukan hari ini.
  5. Semangati diri sendiri, jika rasa malas tiba-tiba menyergap, kuatkan hati dan gerakkan anggota tubuh yang lain. Lawan rasa malas, masa mau kalah sama syaithan? Ingat bencana terbesar bagi seorang pelajar adalah rasa malas.
  6. Berkumpul sama remaja-remaja mujahid yang lain. Lingkungan sangat penting dalam mendukung proses perubahan itu, kalo kita berada diantara orang-orang dengan visi yang sama, secara ngga sadar itu kan sangat memotivasi dan memudahkan jalan kita.
  7. Tentukan visi yang nyata, misalnya juara olimpiade matematika nasional, dan lakukan bermacam cara, jangan berhenti hingga tujuanmu tercapai. Dan tentu saja, orang sukses adalah dia yang bekerja lebih keras dari orang-orang biasa. Kalo temen-temen kita jam 5 pagi baru pada bangun, kita bisa mencuri start dengan bangun jam 2 pagi dan melakukan banyak hal yang ngga dilakukan orang lain.
  8. Dan mulailah rajin beribadah sejak muda, tahajud dan dhuha jangan ditinggalkan, berdoa dan memohon pertolongan pada Allah, insya Allah jalan kita akan dimudahkan oleh-Nya.

Akhirnya selamat karena anda adalah orang-orang istimewa yang telah diberi tongkat estafet para pemimpin negri ini. Jangan sia-siakan masa muda kita, mulailah sekarang, mulailah dimana kita berada dengan apa yang ada!!!!!!

Note: penulis pun masih dalam tahap menuju perubahan yang sama, mari sama-sama belajar, saling mengingatkan dan memotivasi satu sama lain. Semoga tulisan ini dapat membakar semangat sahabat semua. Salam ukhuwah ☻☺…….

Ditulis oleh: Siti Kholifatul Rizkiyah

 
9 Comments

Posted by on 4 February 2011 in Miracle of ISLAM

 

9 responses to “Wow Ternyata Kita Sudah Remaja ♫♫♫

  1. Orang Desa

    4 February 2011 at 3:04 pm

    Ya.Ya.Ya…setuju banget ama tulisan ini…manfaat banget bg para remaja yg mau membacanya dan mengambil hikmahnya…Up-date terus ya postingan Rohis alka.Syukran.

     
  2. d'mazter-Z-94

    5 February 2011 at 1:07 am

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Mbak, Maz…. Kalau remaja yang kalau kumpul bersama teman-teman yang agamis menjadi remaja yang agamis. Tapi, kalau sudah pulang, dia tidak melakukan hal apa-apa dan diam saja di rumah. Dan, jika ketemu sama pacarnya pasti berpacaran,….. Remaja itu termasuk dalam remaja yang mana ya……? tolong dijawab dengan selengkap-lengkapnya dan sejelas-jelasnya ya………… Terima Kasih.
    Wassalamu’alaikum Wr’. Wb’.

     
    • Imam Noor Manggala

      5 February 2011 at 4:41 am

      SIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIpppppppppppppppppppp!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

       
  3. nanang wibowo

    6 February 2011 at 12:30 pm

    assalamu’alaikum….
    maz, boleh apa enggak sih sbenarnya mencintai seseorang itu ??? plis jwab iaa….

     
    • rohisalkautsar

      6 February 2011 at 3:52 pm

      Wa’alaikumsalam. Kalau mencintai itu insyaAllah boleh-boleh aja,bahkan Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan kepada kita untuk saling mencintai sesama muslim.kurang lebih haditsnya demikian:”Tidak beriman seseorang jika ia tidak mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri”…Tapi yang seringkali disalah artikan ialah bahwa cinta itu harus memiliki…Padahal Cinta kan TakHarus memiliki.Trmksh coment-nya.

       
  4. G00DELLA

    31 May 2011 at 5:33 am

    tolong donk background blognya diganti yang lebih netral.biar tulisan yang bagus diatas mudah dibaca n dimengerti.trims

     
    • rohisalkautsar

      31 May 2011 at 5:52 am

      iya,insyaallah admin akan segera mengganti backgrounnya…
      terimakasih atas saran dan kunjungannya….

       
  5. Kakanda Choxs Bangeetz

    13 July 2011 at 3:28 am

    nyimak ^_^

     
  6. rohisalkautsar

    13 July 2011 at 12:45 pm

    Untuk sdra D’mazter… Remaja trsebut lbih tpat anda jawab sndiri mnrut pndapat dn keyakinan anda..Krna remaja muslim itu sdah sharusnya bs mnjga dirinya dmanapun dia berada.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: